Diam juga komunikasi

Disetiap saya membuka kelas komunikasi saya selalu bertanya : “kalo kita diem aja dipojokan,dan ada orang lain melihat kita,apakah kita sedang berkomunikasi dengan orang tersebut?”, dan jawaban yang paling sering saya dengar adalah “TIDAK!”. Banyak yang beranggapan bahwa ketika kita diam saja tidak ada pesan yang di deliver ke sekitar kita. Padahal itu salah besar. Ketika kita diam bahkan tidur sekalipun kita “ngomong” (baca: berkomunikasi).

lihat gambar ini. Kemudian dalam hati saja, apa pendapat kamu?

click for source

Gambar itu hanya diam kan? tidak bersuarakan?….tapi kamu bisa “merasakan” apa pesan yang disampaikan??

Karena hanya diam saja dia hanya di nilai sebanyak 55% saja atau secara visual saja. Memang belum lengkap tapi itu sudah komunikasi dan dapat membuat kita menilai dan dapat merubah pendapat kita tentang sesuatu. Atau bisa juga merubah pola hidup kita (misal:”Ih aku ga mau segendut itu,aku takut sakit..aku mau diet!”)

See? Diam ternyata juga ngomongkan??…..jadi hati-hati dengan diam-mu🙂

salam damai

🙂

Tinggalkan Balasan

